17Nov

Tidak ada batasan untuk menempuh sebuah pendidikan. Anda bisa mengenyam pendidikan dimana saja. Baik itu di dalam maupun di luar negeri. Namun, sebelum memutuskan untuk menuntut ilmu di luar negeri, pastikan anda sudah mengetahui beberapa hal dibawah ini terlebih dahulu. Jika tidak, niat untuk menimba ilmu di sekolah pilot luar negeri akan berujung pada hal yang sia-sia. Kenapa demikian? Karena nantinya anda akan berada di tempat yang jauh berbeda dengan negeri kita. Bahkan, bisa mengalami perubahan iklim, budaya hingga bahasa. Untuk itu, 4 hal penting tentang memilih sekolah pilot luar negeri, yaitu:

Durasi Belajar

Hal pertama yang harus diketahui ketika ingin memilih sekolah pilot luar negeri adalah durasi belajarnya. Sebab, antara sekolah dalam dan luar negeri memiliki selisih durasi yang lumayan lama. Rata-rata pelajar yang masuk di sekolah pilot luar negeri akan menempuh jenjang pendidikan selama kurang lebih 1 tahun. Atau terhitung selama 12 bulan waktu belajar. Namun, jika anda memilih untuk belajar di Indonesia atau di tanah air maka durasinya sedikit lebih panjang. Rata-rata, di Indonesia sekolah pilot ini memberlakukan pembelajaran selama 18 bulan. Atau, 1 tahun 6 bulan. Nah, perbedaan durasi belajar di sekolah pilot luar negeri dan di dalam negeri cukup signifikan, bukan? Bagi kebanyakan orang, perbedaan waktu setengah tahun ini sangat berarti. Hal ini juga yang mendorong sebagian murid memilih untuk menimba ilmu di negeri orang.

Lisensi

Ketika anda merupakan salah satu lulusan sekolah pilot dalam negeri apalagi sudah memenuhi berbagai syarat tertentu maka bukan tidak mungkin langsung mendapatkan pekerjaan. Hal ini tentunya berhubungan dengan lisensi pilot yang didapat setelah menamatkan pembelajaran. Sayangnya, jika memilih untuk mengembangkan sayap dan belajar di sekolah pilot luar negeri ada beberapa hal yang patut diketahui. Pertama, anda tidak bisa langsung bekerja di maskapai nasional dengan lisensi tersebut. Kedua, anda harus mengikuti kursus singkat untuk menyetarakan lisensi luar negeri yang didapat setelah menjadi salah satu alumni sekolah pilot di sana. Untuk durasi dari kursus penyetaraan lisensi ini tidak terlalu lama. Hanya butuh 2 hingga 4 bulan saja. Tentu saja durasi akan dipengaruhi seberapa cakap dan kemampuan anda nantinya.

Biaya Pendidikan

Nah, hal berikutnya yang juga tak kalah penting untuk diketahui dan dibahas adalah masalah biaya sekolah. Tentu saja, terdapat perbedaan yang signifikan antara biaya sekolah di dalam dan diluar negeri. Bagaimana tidak, mata uang yang digunakan saja sudah berbeda, bukan? Konon kabarnya, bersekolah menjadi pilot di luar negeri lebih murah dibandingkan dengan sekolah pilot nasional. Kok bisa? Berikut beberapa alasan logis dibalik masalah tersebut :

Hal pertama yang mendasari mahalnya biaya sekolah pilot tanah air disebabkan adanya pembelian atau impor stimulator dan pesawat latih. Di negara kita tidak ada produsen pesawat latih. Sedangkan untuk menjadi pilot tentu hal tersebut sangat dibutuhkan. Tidak mungkin kan, hanya mempelajari teorinya saja? Sedangkan prakteknya tidak ada. Padahal, keseimbangan antara teori dan praktek sangat dibutuhkan. Nah, pembelian ini sangatlah mahal, tentu biaya sekolah juga semakin tinggi. Sedangkan sekolah di luar misalnya saja di Amerika tidak lagi membeli pesawat latih. Karena memang mereka adalah produsennya. Jadi, biaya sekolah pilot lebih rendah.

Masalah kedua adalah tentang instruktur atau pelatih yang digaji oleh pihak sekolah. Semakin bagus sekolah tersebut maka akan mendatangkan instruktur dengan jam terbang tinggi dan pengalaman jempolan. Sayangnya, kriteria instruktur ini mengacu kepada para pilot luar negeri. Bayangkan saja harus mendatangkan instruktur berkebangsaan asing untuk mengajar di tanah air. Tentu pihak sekolah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Hal ini juga yang membuat beban biaya sekolah pilot menjadi lebih tinggi.

Masalah pajak juga tidak bisa disepelekan. Pajak apa? Tentu saja jenis pajak barang mewah. Pesawat latihan yang dibeli dari pihak luar bernilai tinggi. Hal tersebut berkaitan dengan peraturan pajak yang mengatur tentang kepemilikan barang mewah. Pihak sekolah membebankan pembiayaan ini juga kedalam biaya sekolah bagi murid-muridnya.  Jadi jangan heran jika biaya sekolah pilot sangat fantastis.

Nah, terkadang beberapa faktor-faktor di atas membuat banyak calon pilot lebih memilih menimba ilmu di negeri orang. Bagaimana tidak, kebanyakan keperluan untuk sekolah juga diambil dari luar. Sehingga, orang-orang juga akan berpikir bagaimana cara terbaik untuk menuntut ilmu. Daripada hasilnya kurang memuaskan, maka lebih baik mendatangi sumbernya, bukan?

Persiapan Menimba Ilmu Di Sekolah Pilot Luar Negeri

sekolah pilot luar negeriSetelah mengetahui beberapa faktor di atas, tentu ada banyak dari anda yang mungkin berencana untuk bersekolah di luar negeri. Tidak salah memang, mengingat banyak hal positif yang bisa anda dapatkan. Namun, persiapan berikut ini juga tidak bisa diabaikan, loh. Apa-apa sajakah persiapan sekolah pilot di luar negeri? Berikut rinciannya :

1. Persiapan Fisik dan Mental

Untuk menimba ilmu di negeri orang, anda tidak bisa sembarangan saja. Fisik dan mental harus benar-benar disiapkan dengan baik. Kenapa? Agar tubuh dan pikiran kuat menjalani perbedaan selama masa belajar. Maksudnya? Sudah tahu bukan kalau kebanyakan negara luar memiliki 4 musim? Tentunya suhu, budaya dan kebiasaan di sana berbeda dengan di tanah air. Jadi, siapkan latihan bagaimana supaya tetap bugar walaupun mengalami berbagai perbedaan tersebut. Mental juga perlu diasah agar tahan banting selama berada di negara asing.

2. Bahasa Internasional

Tergantung negara tujuan anda untuk bersekolah. Setiap negara tentunya memiliki bahasanya tersendiri. Jika memungkinkan, cobalah mempelajari bahasa negara tersebut terlebih dahulu. Namun, jika tidak memungkinkan, anda tetap bisa menggunakan bahasa internasional yakni bahasa Inggris. Usahakan setidaknya anda mengerti bahasa internasional tersebut secara pasif dan aktif. Jika tidak, bagaimana nantinya anda berkomunikasi? 

3. Pilihan Sekolah dan Biaya

Dengan kemajuan teknologi, jika anda ingin mengetahui sesuatu, tidak harus mendatangi sumbernya, kan? Misal nya saja ingin bersekolah di Amerika. Nah, bagaimana anda mengetahui mana sekolah yang terbaik? Apakah anda harus menjelajahi negara tersebut terlebih dahulu? Jika iya, tentu akan menghabiskan banyak uang, bukan? Pilihan hematnya dengan mencari tahu informasi baik daftar sekolah pilot terbaik dan biayanya di internet.

4. Konsultasi Dengan Para Ahli

Nah, poin terakhir adalah konsultasi dengan ahli yang tepat. Nantinya kita akan diberikan gambaran kapan akan diadakan tes masuk, biaya yang diperlukan selama bersekolah di sana, sekolah unggulan dan persyaratan masuk. Dengan adanya sesi konsultasi ini, anda bisa mendapatkan gambaran kehidupan sebagai siswa sekolah pilot di luar negeri. Seperti yang dilakukan oleh pihak Flight School Connect. Anda bisa bertanya akan banyak hal pada tenaga ahli kami. Dapatkan rekomendasi dan pilihan sekolah pilot terbaik agar tidak salah pilih nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *