Lombok Institute of Flight Technology – Indonesia

Lombok Institute of Flight Technology merupakan salah satu akademi penerbangan terbaik di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2010. Akademi penerbangan ini pun telah terstandarisasi oleh Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Indonesia sejak Agustus 2011. Dalam menghasilkan lulusannya, akademi ini dengan konsisten di dalam setiap programnya membangun siswanya memiliki kemampuan, manajemen resiko, multitasking serta memiliki kemampuan untuk membuat suatu keputusan yang standarnya telah disesuaikan dengan standar internasional. Sederet langkah diambil oleh pihak akademi agar dapat mempertahankan kualitasnya, dimulai program pembelajaran secara teori maupun praktik hingga fasilitas-fasilitas penunjang. Sederet fasilitas penunjang pun diberikan agar para siswanya dapat meningkatkan kualitas dari kemampuannya setiap hari. Fasilitas tersebut terdiri atas lokasi pelatihan terbang, pesawat latih hingga simulator. Lokasi yang digunakan Lombok Institute of Flight Technology sebagai sarana pelatihan terbang berada di Lombok berbeda dengan pembelajaran teori yang berada di Tangerang. Alasannya adalah agar setiap siswa dapat fokus dalam melakukan pelatihan penerbangan terutama bagi para pemula yang akan memulai penerbangan pertamanya kemudian para siswa dapat merasakan penerbangan lintas negara untuk menambah pengalaman. Fasilitas lainnya yang diberikan sekolah terdiri atas Liberty XL-2 Flight Trainer, FMX Flight Simulator, XWIND Flight Simulator, Redbird TD2 Flight Simulator, Boeing 737, Airbus 320 Aircraft, dan lain sebagainya.
  • Lisensi: PPL,CPL, IR dan lain sebagainya Note: Kejelasan lebih lanjut dapat dilihat melalui rincian program
  • Biaya: ± $41,526.00
  • Jam Terbang: 136 jam
  • Lokasi:

Program Sekolah Lombok Institute of Flight Technology

Lombok Institute of Flight Technology menyediakan 4 program sekolah dengan pembiayaan dan materi pembelajaran yang berbeda. Berikut rincian program yang tersedia antara lain:

Professional Airline Career Course

Profesional Airline Career Course merupakan program pelatihan yang ditujukan bagi calon siswa yang ingin mengembangkan karirnya di dunia penerbangan secara profesional. Dengan demikian para calon siswa tidak perlu mengambil satu persatu program pelatihan untuk memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan pihak penerbangan sebab dalam program ini telah mencakup segalanya. Professional Airline Career Course ini terdiri atas Private Pilot Course, Commercial Pilot Course, dan Instrument Rating.

Ketiga lisensi tersebut merupakan lisensi dasar dan wajib untuk dimiliki setiap pilot. Berikut penjelasan singkat mengenai ketiga program ini adalah sebagai berikut:

  •       Private Pilot License (PPL)

Private pilot license merupakan lisensi paling dasar dan wajib untuk dimiliki oleh setiap calon pilot. Ketika siswa yang lulus dari program akan ini akan mendapatkan sebuah lisensi. Namun, lisensi ini hanya dapat digunakan pada pesawat mesin tunggal dan keadaan non komersial atau kepentingan pribadi. Siswa yang memiliki lisensi ini hanya diizinkan terbang sesuai dengan kondisi VFR.

  •       Commercial Pilot License (CPL)

Commercial pilot license merupakan lisensi paling dasar yang dimiliki setiap pilot. Pilot yang memiliki lisensi tersebut diperbolehkan untuk melakukan penerbangan secara komersial dengan menggunakan pesawat mesin tunggal. Pada lisensi ini, pilot diizinkan untuk membawa penumpang namun tidak diperbolehkan membawa awak pesawat

  •       Instrument Rating (IR)

Instrument rating digunakan pilot untuk memenuhi kualifikasi penerbangan jalur instrument flight rule (IFR). Maksudnya yaitu kemampuan seseorang menerbangkan pesawat di dalam kondisi cuaca tertentu, contohnya penerbangan yang berlangsung di dalam awan. Instrument rating merupakan lisensi yang sangat penting untuk seorang pilot agar dapat diizinkan terbang dengan kondisi cuaca tertentu.

Dalam program pelatihan ini jam terbang yang akan didapatkan sebanyak 160 jam. Bagi siswa yang telah memiliki Private Pilot License (PPL) dan hanya akan mengambil Commercial Pilot License (CPL) dan Instrument Rating (IR) hanya akan mendapat jam terbang sekitar 150 jam saja. Durasi pendidikan dari program latihan ini dirancang berkisar 18 hingga 24 bulan.

Fakta menarik dan dapat dipertimbangkan oleh para siswa yaitu akademi penerbangan ini memberikan penawaran menarik bagi siswanya yang memerlukan tambahan jam terbang sebesar 5% saja. Jika siswa tersebut membutuhkan jam terbang lebih dari ketentuan maka akan dikenakan biaya tambahan.

Private Pilot Fast Track Program

Private Pilot Fast Track Program merupakan program yang diperuntukkan bagi para siswa luar Indonesia dan siswa lokal yang ingin mendapatkan Private Pilot License. Private pilot license merupakan lisensi paling dasar dan wajib untuk dimiliki oleh setiap calon pilot. Ketika siswa yang lulus dari program akan ini akan mendapatkan sebuah lisensi. Namun, lisensi ini hanya dapat digunakan pada pesawat mesin tunggal dan keadaan non komersial atau kepentingan pribadi.

Total biaya pendidikan yang akan dikeluarkan siswanya sebesar $ 23.000 dengan durasi pendidikan yang akan didapatkan selama 4 bulan serta jam terbang sebanyak 46 jam. Bagi siswa Indonesia yang tertarik untuk mengambil program ini dapat menghubungi kontak dibawah ini untuk rincian detailnya.

Siswa luar Indonesia yang akan mengambil program ini memiliki sejumlah keuntungan antara lain:

  •       Pembelajaran dilakukan selama 4 bulan, selama 2 bulan akan dilakukan di negara asal dan 2 bulan lainnya di Indonesia
  •       Lombok Institute of Flight Technology memberikan lisensi yang telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Penerbangan Indonesia dan Lisensi yang telah dikonversikan serta diakui oleh ICAO
  •       Sejumlah fasilitas lengkap diberikan bagi para siswanya

Introductory (Discovery) Flight Experience

Introductory (Discovery) Flight Experience merupakan suatu program yang diberikan pihak akademi para calon siswa atau orang awam yang ingin merasakan menjadi seorang pilot. Program ini akan memberikan pengalaman secara keseluruhan, dimulai program pembelajaran teori, simulator hingga latihan penerbangan. Durasi yang diberikan dalam program ini selama 2 atau 3 hari. Namun, program ini akan menjadi sebuah terobosan bagi calon siswa yang ingin menentukan pilihan sekolah penerbangan yang akan ia tuju. Biaya yang dikeluarkan bagi program ini kurang lebih Rp 25.000.000.

Para trainer akan diberikan pilihan durasi pelatihan, berikut rincian dari program pelatihan ini antara lain :

  •       Introductory (Discovery) Flight Experience selama 2 hari, para trainer akan mendapatkan pembelajaran secara teori dan 4 jam terbang bersama instruktur
  •       Introductory (Discovery) Flight Experience selama 3 hari, para trainer akan mendapatkan pembelajaran secara teori dan 8 jam terbang bersama instruktur

Foreign License Endorsement

Program ini mengenai pengesahan lisensi penerbangan lokal (Indonesia). Dengan demikian program ini ditujukan kepada pilot yang memiliki lisensi luar negeri untuk diubah dan disahkan ke dalam lisensi penerbangan lokal. Tujuan dari program pengesahan ini yaitu agar pilot tersebut dapat melakukan penerbangan di jalur domestik.

Multi-Engine Rating

Multi Engine Rating merupakan lisensi yang menyatakan pemenuhan kualifikasi dari sang pilot. Dengan demikian pilot yang memiliki lisensi ini diizinkan untuk menerbangkan pesawat mesin ganda. Jam terbang yang akan didapatkan siswa yang mengambil program ini sebesar 12 jam.

ATPL & Jet Type-Ratings

Airline Transport Pilot License (ATPL) merupakan lisensi yang wajib dimiliki untuk menjadi kapten pesawat di maskapai penerbangan. Lisensi ini menandakan pilot tersebut telah memenuhi sederet kualifikasi yang dibutuhkan pilot dalam menerbangkan pesawat komersil. Pada program ini para siswa akan diberikan pengalaman untuk mengendarai pesawat latih Boeing 737 dan Airbus 320 Aircraft. Durasi yang diberikan untuk pelatihan ini selama 20 hari bekerja.

Berikut mata pelajaran yang akan dipelajari oleh para siswa selama mengikuti program pelatihan ini adalah sebagai berikut:

  •       Hukum penerbangan dan prosedur ATC
  •       Kerangka pesawat & sistem, elektrik, pabrik energi, peralatan darurat
  •       Instrumentasi
  •       Masa dan keseimbangan
  •       Performansi
  •       Perancanaan dan monitoring penerbangan
  •       Performansi & limitasi manusia
  •       Meteorologi
  •       Navigasi umum
  •       Navigasi radio
  •       Prosedur operasional
  •       Prinsip dari penerbangan
  •       Komunikasi

Kelebihan dan Kekurangan Bandung Pilot Academy

kelebihan sekolah pilot
  • Program pendidikan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan penerbangan serta telah disesuaikan dengan standar dari Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Indonesia.
  • Pihak akademi menyediakan fasilitas pesawat latih dan simulator dengan sangat lengkap. Tujuannya agar para siswa dapat terus meningkatkan kualitas diri.
  • Sekolah penerbangan ini telah lama berdiri dan mencetak alumni-alumni berkualitas yang sudah dipercayai oleh sejumlah perusahaan penerbangan.
  • Biaya pendidikan yang dikeluarkan oleh siswa telah mencakup keseluruhan fasilitas, kecuali pengeluaran pribadi
  • Pelaksanaan program pelatihan yang diberikan oleh Lombok Institute of Flight Technology, hal ini akan membantu setiap siswanya agar terbiasa dan terlatih untuk menggunakan bahasa inggris.
  • Lombok Institute of Flight Technology memberikan penambahan jam terbang sebesar 5% secara gratis bagi siswa yang memerlukan penambahan jam terbang.
  • Jika siswa Lombok Institute of Flight Technology memiliki nilai TOEIC sebesar 700 atau lebih maka siswa tersebut dapat bergabung dengan Fast Paced Course sehingga siswa tersebut dapat lulus cepat dengan biaya yang rendah. * Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kontak yang berada dibawah ini
  • Akademi menyediakan berbagai metode pembayaran seperti diskon jika membayar secara lunas, angsuran biaya dan pembayaran setiap bulan.
kekurangan sekolah pilot
  • Beberapa biaya yang dikeluarkan mengikuti kurs mata uang asing. Dengan demikian fluktuasi harga dalam bentuk rupiahnya tidak bisa ditentukan dengan jelas.

Our Recommendation

Lombok Institute of Flight Technology  menjadi sekolah penerbangan yang direkomendasikan. Alasannya yaitu program pendidikan yang diberikan oleh pihak akademi telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan demikian para siswa tidak perlu mengkhawatirkan mengenai pemenuhan persyaratan yang ada. Tak hanya itu saja memberikan sederet fasilitas yang diberikan sangat menunjang para siswanya agar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan diri.

Akademi ini tidak hanya memberikan setiap siswanya kemampuan yang dapat bersaing secara internasional saja tetapi akademi penerbangan ini menghasilkan pilot-pilot yang memiliki soft skill yang sangat dibutuhkan saat didunia kerja. Tak hanya itu saja tetapi pihak akademi hanya akan menerima maksimum 12 orang siswa. Dengan demikian para siswa akan dapat lebih fokus untuk belajar meningkatkan kemampuannya.

Pendaftaran Segera

Segera daftarkan diri anda ke sekolah Lombok Institute of Flight Technology. Hubungi kami untuk mendapat syarat pendaftaran / ujian.

 

Pendampingan

Yup, kami akan mendampingi – termasuk menjemput bandara dan mengantar jika Anda berasal dari luar Jakarta

Menghemat Biaya Anda

Biaya pendaftarannya sama dengan mendaftar langsung – sebaliknya kami akan menjemput Anda dsb. Kami menghemat biaya Anda.

Hubungi Kami

Pendaftaran Siswa baru untuk Bandung Pilot Academy sudah di buka.

Hubungi kami sekarang juga
FlightSchoolConnect.co.id
Jl. HM. Ashari 52 – Cibinong – Bogor.
Email: [email protected]

Telp./WA: 0812-6988-6575