International Aviation College – Thailand

International Aviation College merupakan akademi penerbangan yang telah berdiri sejak tahun 2007. Melihat tahun berdirinya sekolah ini telah menghasilkan lulusan dalam jumlah yang sangat banyak walaupun begitu International Aviation College tetap konsisten mempertahankan kualitasnya. Sederet langkah diambil oleh pihak International Aviation College agar dapat mempertahankan kualitasnya, dimulai program pembelajaran secara teori maupun praktik hingga fasilitas-fasilitas penunjang. Sederet fasilitas penunjang pun diberikan agar para siswanya dapat meningkatkan kualitas dari kemampuannya setiap hari. Fasilitas tersebut terdiri atas lokasi pelatihan terbang, pesawat latih hingga simulator. Lokasi yang digunakan International Aviation College sebagai sarana pelatihan terbang berada di bandara Nakhon Phanom. Alasannya adalah agar setiap siswa dapat terjun dan menghadapi kondisi nyata saat penerbangan, salah satu contohnya yaitu berkomunikasi dengan petugas ATC ketika akan melakukan penerbangan. Fasilitas lainnya yang diberikan sekolah terdiri atas alpha 160A, diamond 42, simulator DA42, diamond 40 TDI, simulator DA40 TDI, Simulator airbus A320, dan lain sebagainya. Durasi pendidikan yang akan ditempuh para selama kurang lebih 19 bulan. Fakta menarik dari International Aviation College yaitu berada dibawah naungan secara langsung dari Nakhon University.
  • Lisensi: PPL,CPL, IR dan lain sebagainya Note: Kejelasan lebih lanjut dapat dilihat melalui rincian program
  • Biaya: Rincian harga dari program pembelajaran ini dapat menghubungi kontak dibawah ini
  • Jam Terbang: ± 313 jam
  • Lokasi:

Program Sekolah International Aviation College

International Aviation College menyediakan 3 program pembelajaran dengan materi pembelajaran yang berbeda. Berikut program International Aviation College yang tersedia antara lain:

  •       Courses Pilot
  •       Master of Business Administration in Aviation Management
  •       Aircraft Maintenance Technician

Dapat disimpulkan bahwa akademi penerbangan ini tidak hanya menyediakan pembelajaran bagi para siswa yang akan menjadi pilot namun juga menyediakan di bidang manajemen dan perawatan mesin pesawat terbang.

*** bagi calon siswa yang menjadi tertarik mengenai 2 program tersebut dapat menghubungi kontak dibawah ini untuk mengetahui lebih jelas mengenai program tersebut

Courses Pilot

Berikut beberapa pilihan program pembelajaran yang disediakan oleh International Aviation College yang terdiri atas:

Private Pilot License (PPL)

Private pilot license merupakan lisensi paling dasar dan wajib untuk dimiliki oleh setiap calon pilot. Ketika siswa yang lulus dari program akan ini akan mendapatkan sebuah lisensi. Namun, lisensi ini hanya dapat digunakan pada pesawat mesin tunggal dan keadaan non komersial atau kepentingan pribadi.

Dengan demikian pilot tidak diperkenankan untuk membawa penumpang ketika melakukan penerbangan. Peraturan yang wajib ditaati oleh para pilot yang memiliki PPL yaitu penerbangan hanya diizinkan ketika kondisi penerbangan sesuai Visual Flight Rules (VFR). Durasi pendidikan selama kurang lebih 12 minggu dengan jam terbang yang didapatkan sebesar 45 jam serta kelas pendidikan (teori) sebesar 350 jam.

Commercial Pilot License (CPL)

Commercial pilot license termasuk ke dalam lisensi dasar penerbangan. Lisensi ini dapat digunakan pilot untuk menerbangkan pesawat mesin tunggal secara komersial. Dengan demikian pilot diperbolehkan untuk membawa penumpang. Terdapat pengecualian dalam penggunaan lisensi ini dimana pilot tidak boleh membawa awak pesawat saat mengendarai pesawat ini. Durasi pendidikan selama kurang lebih 52 minggu dengan jam terbang yang didapatkan sebesar 200 jam serta kelas pendidikan (teori) sebesar 560 jam.

Instrument Rating (IR)

Lisensi ini memiliki tujuan untuk memenuhi kualifikasi dari seorang pilot terhadap penerbangan jalur instrument flight rule (IFR). Maksud dari jalur instrument flight rule (IFR) yaitu kemampuan seseorang menerbangkan pesawat di dalam kondisi tertentu, contohnya penerbangan yang berlangsung di dalam awan. Durasi pendidikan selama kurang lebih 8 minggu dengan jam terbang yang didapatkan sebesar 15.5 jam serta kelas pendidikan (teori) sebesar 105 jam.

Multi Engine Rating (MER)

Multi Engine Rating merupakan lisensi yang menyatakan pemenuhan kualifikasi dari sang pilot. Dengan demikian pilot yang memiliki lisensi ini diizinkan untuk menerbangkan pesawat mesin ganda. Angkasa Aviation Academy merancang program ini dengan memberikan siswanya keterampilan serta pengalaman melalui pendekatan IMC (Instrument Meteorological Condition). Pada dasarnya program pembelajaran ini menjadi salah satu elemen terakhir dalam pelatihan penerbangan komersial. Durasi pendidikan selama kurang lebih 6 minggu dengan jam terbang yang didapatkan sebesar 21.5 jam serta kelas pendidikan (teori) sebesar 35 jam.

Flight Instructor Rating (FIR)

Pada program pembelajar ini ditujukan bagi siswa yang akan menjadi seorang instruktur. Program ini mengajarkan siswanya untuk mendemonstrasikan pedoman terhadap pra-penerbangan serta pasca penerbangan, prosedur penerbangan dan maneuver penerbangan. Tak hanya itu saja siswa program ini juga diajarkan untuk menilai kinerja siswa, kesalahan hingga memperbaiki kesalahan tersebut (jika perlu). Durasi pendidikan selama kurang lebih 9 minggu dengan jam terbang yang didapatkan sebesar 21.5 jam serta kelas pendidikan (teori) sebesar 125 jam.

Kelebihan dan Kekurangan Bandung Pilot Academy

kelebihan sekolah pilot
  • Memiliki kerjasama dengan sejumlah maskapai penerbangan, salah satunya Thai Airways.
  • Pihak akademi menyediakan fasilitas pesawat latih dan simulator dengan sangat lengkap. Tujuannya agar para siswa dapat terus meningkatkan kualitas diri.
  • Sekolah penerbangan ini telah lama berdiri dan mencetak alumni-alumni berkualitas yang sudah dipercayai oleh sejumlah perusahaan penerbangan.
  • Biaya pendidikan yang dikeluarkan oleh siswa telah mencakup keseluruhan fasilitas.
  • Program pendidikan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan penerbangan serta telah disesuaikan dengan standar dari Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Thailand.
kekurangan sekolah pilot
  • Biaya yang dikeluarkan mengikuti mata uang asing. Dengan demikian fluktuasi harga dalam bentuk rupiahnya tidak bisa ditentukan dengan jelas.
  • Lisensi yang diberikan berupa lisensi asing sehingga siswa yang memiliki lisensi ini harus mengkonversikannya jika ingin melakukan penerbangan di wilayah Indonesia.

Our Recommendation

International Aviation College menjadi sekolah penerbangan yang direkomendasikan. Alasannya yaitu program pendidikan yang diberikan oleh pihak akademi telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan demikian para siswa tidak perlu mengkhawatirkan mengenai pemenuhan persyaratan yang ada.

Tak hanya itu saja memberikan sederet fasilitas yang diberikan sangat menunjang para siswanya agar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan diri. Selain itu, akademi penerbangan ini memiliki jalinan kerja sama dengan sejumlah maskapai penerbangan, salah satunya Thai Airways.

Pendaftaran Segera

Segera daftarkan diri anda ke sekolah International Aviation College. Hubungi kami untuk mendapat syarat pendaftaran / ujian.

 

Pendampingan

Yup, kami akan mendampingi – termasuk menjemput bandara dan mengantar jika Anda berasal dari luar Jakarta

Menghemat Biaya Anda

Biaya pendaftarannya sama dengan mendaftar langsung – sebaliknya kami akan menjemput Anda dsb. Kami menghemat biaya Anda.

Hubungi Kami

Pendaftaran Siswa baru untuk Bandung Pilot Academy sudah di buka.

Hubungi kami sekarang juga
FlightSchoolConnect.co.id
Jl. HM. Ashari 52 – Cibinong – Bogor.
Email: [email protected]

Telp./WA: 0812-6988-6575