Asia Aeronautical Training Academy – Malaysia

Asia Aeronautical Training Academy merupakan salah satu akademi penerbangan terbaik di Malaysia. Akademi penerbangan ini pun telah terstandarisasi oleh Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Malaysia. Dalam menghasilkan lulusannya, akademi ini dengan konsisten menghasilkan para lulusan terbaik dibidangnya terbukti dari para lulusannya yang telah bekerja di sejumlah perusahaan penerbangan terkemuka Sederet langkah diambil oleh pihak akademi agar dapat mempertahankan kualitasnya, dimulai program pembelajaran secara teori maupun praktik hingga fasilitas-fasilitas penunjang. Sederet fasilitas penunjang pun diberikan agar para siswanya dapat meningkatkan kualitas dari kemampuannya setiap hari. Fasilitas tersebut terdiri atas lokasi pelatihan terbang, pesawat latih hingga simulator. Lokasi yang digunakan Asia Aeronautical Training Academy sebagai sarana pelatihan terbang berada di Bandara Internasional Senai. Alasannya adalah agar setiap siswa dapat fokus dalam melakukan pelatihan penerbangan dan terbiasa dengan lingkungan kerja nyata yang diciptakan oleh bandara. Dengan demikian para siswa dapat dengan mudah beradaptasi di berbagai jenis bandara. Fasilitas lainnya yang diberikan sekolah terdiri atas DA40, DA42, dan lain sebagainya.
  • Lisensi: PPL,CPL, IR dan lain sebagainya Note: Kejelasan lebih lanjut dapat dilihat melalui rincian program
  • Biaya: Informasi biaya lebih lanjut dapat menghubungi kontak yang ada dibawah ini
  • Jam Terbang: 200 jam
  • Lokasi:

Program Sekolah Asia Aeronautical Training Academy

Asia Aeronautical Training Academy  menyediakan 5 program sekolah dengan pembiayaan dan materi pembelajaran yang berbeda. Berikut program Asia Aeronautical Training Academy yang tersedia antara lain:

Private Pilot License

Private pilot license merupakan lisensi paling dasar dan wajib untuk dimiliki oleh setiap calon pilot. Ketika siswa yang lulus dari program akan ini akan mendapatkan sebuah lisensi. Namun, lisensi ini hanya dapat digunakan pada pesawat mesin tunggal dan keadaan non komersial atau kepentingan pribadi.

Dengan demikian pilot tidak diperkenankan untuk membawa penumpang ketika melakukan penerbangan. Peraturan yang wajib ditaati oleh para pilot yang memiliki PPL yaitu penerbangan hanya diizinkan ketika kondisi penerbangan sesuai Visual Flight Rules (VFR).

Dalam proses pembelajarannya para siswa akan mendapatkan pembelajaran didalam kelas secara dan pelatihan penerbangan. Berikut daftar mata pelajaran yang akan dipelajari para siswa Asia Aeronautical Training Academy selama pembelajaran teori di dalam kelas yang terdiri atas:

  •       Hukum penerbangan
  •       Limitasi dan kinerja manusia
  •       Navigasi
  •       Komunikasi VFR
  •       Pengetahuan umum penerbangan (A)
  •       Prinsip dari penerbangan
  •       Flight performance, planning and loading
  •       Prosedur operasi
  •       Radio telephony practical

Program pendidikan ini akan dilalui para siswanya selama 15 minggu secara full-time dan akan mendapat jam terbang sebesar 45 jam dengan mengendarai pesawat mesin tunggal.

 

Beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi bagi calon siswa Asia Aeronautical Training Academy yang akan mengambil program Private Pilot License (PPL) adalah sebagai berikut:

  •       Calon siswa setidaknya berusia minimal 17 tahun
  •       Calon siswa lancar dalam berbahasa inggris
  •       Para calon siswa yang bukan warga negara Malaysia dipersilahkan untuk melamar
  •       Memiliki sertifikat kesehatan time penerbangan tingkat 2 yang telah disetujui oleh CAAM

 

Executive Diploma CPL/IR With Frozen ATPL

Executive Diploma CPL/IR With Frozen ATPL merupakan program pendidikan yang dihadirkan Asia Aeronautical Training Academy dengan memberikan siswanya lisensi lanjutan yang wajib dimiliki bagi pilot yang akan meneruskan karirnya ke dalam maskapai penerbangan. Lisensi tersebut terdiri atas Commercial Pilot License (CPL) dengan Instrument Rating (IR) dan ATPL. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai lisensi yang akan para siswa dapatkan adalah sebagai berikut:

  •       Commercial pilot license merupakan lisensi paling dasar yang dimiliki setiap pilot. Pilot yang memiliki lisensi tersebut diperbolehkan untuk melakukan penerbangan secara komersial dengan menggunakan pesawat mesin tunggal. Pada lisensi ini, pilot diizinkan untuk membawa penumpang namun tidak diperbolehkan membawa awak pesawat. Lisensi  yang dikeluarkan oleh pihak akademi telah terintegrasi dengan lisensi ATPL dari Frozen Airline Transport Pilot.
  •       Instrument rating merupakan rogram pembelajaran yang bertujuan untuk memenuhi kualifikasi dari seorang pilot terhadap penerbangan jalur instrument flight rule (IFR). Maksud dari jalur instrument flight rule (IFR) yaitu kemampuan seseorang menerbangkan pesawat didalam kondisi
  •       Airline Transport Pilot License (ATPL) merupakan lisensi yang wajib dimiliki untuk menjadi kapten pesawat di maskapai penerbangan. Pada umumnya, lisensi ATPL digunakan terhadap pilot yang akan bekerja di perusahaan penerbangan komersial seperti Lion Air, Citilink, Garuda Indonesia, dan lain sebagainya. Dengan demikian pilot yang memiliki lisensi ini diizinkan untuk mengendarai pesawat mesin ganda dan memiliki kru dengan jumlah minimal 2 orang.

Terdapat keunikan dari program pendidikan Asia Aeronautical Training Academy kali ini sebab proses pembelajaran teori akan melalui 2 fase antara lain:

  •       Fase 1 (470 jam)
  1.     Prinsip dari penerbangan
  2.     Limitasi dan performansi manusia
  3.     Sistem kelistrikan pesawat terbang
  4.     Kerangka pesawat dan sistem
  5.     Power plant
  6.     Komunikasi VFR
  7.     Komunikasi IFR
  8.     Instrumentasi
  9.     Meteorologi
  •       Fase 2 (370 jam)
  1.     Navigasi umum
  2.     Navigasi radio
  3.     Hukum penerbangan
  4.     Perencanaan penerbangan
  5.     Performansi pesawat terbang
  6.     Prosedur operasi
  7. Mass and balance

Program pendidikan ini akan dilalui para siswanya rata-rata selama 72 minggu dan akan mendapat jam terbang sebesar 200 jam.

Beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi bagi calon siswa Asia Aeronautical Training Academy yang akan mengambil program Commercial Pilot License (CPL) adalah sebagai berikut:

  •       Calon siswa setidaknya berusia minimal 17 tahun
  •       Calon siswa lancar dalam berbahasa inggris
  •       Telah lulus Sijil Pelajaran Malaysia (SPM) dengan 5 pembelajaran (bahasa inggris, matematika dan sains) atau level “O” di peruntukkan bagi siswa yang buka warga negara Malaysia.
  •       Memiliki sertifikat kesehatan time penerbangan tingkat 1 yang telah disetujui oleh CAAM
  •       Surat persetujuan dari CAAM

Flight Instructor Course

Program yang disediakan akademi untuk menambah pengetahuan penerbangan pada kelas pelatihan penerbangan secara menyeluruh sesuai dengan standar yang diterapkan. Dengan demikian calon instruktur tersebut telah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan sebagai seorang instruktur pelatihan penerbangan.

Dalam proses pelatihannya terdiri atas 3 outline yang akan dipelajari para siswa Asia Aeronautical Training Academy adalah sebagai berikut:

  •       Instructional Technique (30 jam)
  •       Theoretical knowledge (70 jam)
  •       Flying training (35 jam)

Beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi bagi calon siswa Asia Aeronautical Training Academy yang akan mengambil program Private Pilot License (PPL) adalah sebagai berikut:

  •       Calon siswa setidaknya berusia minimal 21 tahun
  •       Memiliki CPL berdasarkan peraturan 59 MCAR
  •       Memiliki setidaknya jam terbang sebesar 200 jam serta menjadi Pilot of Command sebanyak 150 jam
  •       Memiliki lisensi Instrument Rating (IR)
  •       Memberikan bukti kompetensi melalui tes mass berdasarkan materi yang diberikan saat pembelajaran berlangsung
  •       Memberikan bukti kompetensi teknik instruksional lintas udara dengan penilaian yang telah dilakukan oleh kepala pelatihan atau kepala instruktur penerbangan atau instruktur penerbangan yang ditunjuk.

Bachelor Of Aeronautical Engineering Technology (Professional Piloting) With Honours + Licence

Bachelor Of Aeronautical Engineering Technology (Professional Piloting) With Honours + Licence merupakan program gabungan yang didirikan oleh Asia Aeronautical Training Academy dan Fakultas Teknik Mesin dan Manufaktur, UTHM. Program ini memberikan kemampuan dan pengetahuan sebagai seorang engineer dengan perilaku yang dibutuhkan seorang pilot. Di Akhir program para siswa akan mendapatkan gelar dan lisensi menjadi seorang pilot.

Program ini menyediakan 2 pilihan yang terdiri atas program Private Pilot License (PPL) dan CPL/IR dengan Frozen ATPL dengan maksimal 4 tahun serta 145 sks.

Abridge Programme

Commercial pilot license merupakan lisensi paling dasar yang dimiliki setiap pilot. Pilot yang memiliki lisensi tersebut diperbolehkan untuk melakukan penerbangan secara komersial dengan menggunakan pesawat mesin tunggal.

Pada lisensi ini, pilot diizinkan untuk membawa penumpang namun tidak diperbolehkan membawa awak pesawat. Lisensi  yang dikeluarkan oleh pihak akademi telah terintegrasi dengan lisensi ATPL dari Frozen Airline Transport Pilot.

Instrument rating merupakan program pembelajaran yang bertujuan untuk memenuhi kualifikasi dari seorang pilot terhadap penerbangan jalur instrument flight rule (IFR). Maksud dari jalur instrument flight rule (IFR) yaitu kemampuan seseorang menerbangkan pesawat di dalam kondisi

Instrument line Transport Pilot License (ATPL) merupakan lisensi yang wajib dimiliki untuk menjadi kapten pesawat di maskapai penerbangan. Pada umumnya, lisensi ATPL digunakan terhadap pilot yang akan bekerja di perusahaan penerbangan komersial seperti Lion Air, Citilink, Garuda Indonesia, dan lain sebagainya. Dengan demikian pilot yang memiliki lisensi ini diizinkan untuk mengendarai pesawat mesin ganda dan memiliki kru dengan jumlah minimal 2 orang.

Program pelatihan diberikan bagi siswa yang ingin melanjutkan pelatihannya di akademi atau para siswa yang akan mengkonversikan lisensi internasional. Lisensi tersebut akan dikonversikan ke dalam lisensi yang disetujui dan diizinkan untuk melakukan penerbangan domestik. Program pelatihan ini telah disesuaikan dengan standar dari Departemen Penerbangan Sipil Malaysia.

Beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi bagi calon siswa Asia Aeronautical Training Academy yang akan mengambil program Commercial Pilot License (CPL) adalah sebagai berikut:

  •       Calon siswa setidaknya berusia minimal 17 tahun
  •       Calon siswa lancar dalam berbahasa inggris
  •       Telah lulus Sijil Pelajaran Malaysia (SPM) dengan 5 pembelajaran (bahasa inggris, matematika dan sains) atau level “O” di peruntukkan bagi siswa yang buka warga negara Malaysia.
  •       Memiliki sertifikat kesehatan time penerbangan tingkat 1 yang telah disetujui oleh CAAM
  •       Surat persetujuan dari CAAM

Informasi lebih lanjut mengenai program yang di sediakan oleh Asia Aeronautical Training Academy dapat menghubungi kontak yang berada dibawah ini!

Kelebihan dan Kekurangan Bandung Pilot Academy

kelebihan sekolah pilot
  • Program pendidikan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan penerbangan serta telah disesuaikan dengan standar dari Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Malaysia.
  • Pihak akademi menyediakan fasilitas pesawat latih dan simulator dengan sangat lengkap. Tujuannya agar para siswa dapat terus meningkatkan kualitas diri.
  • Sekolah penerbangan ini telah lama berdiri dan mencetak alumni-alumni berkualitas yang sudah dipercayai oleh sejumlah perusahaan penerbangan.
  • Biaya pendidikan yang dikeluarkan oleh siswa telah mencakup keseluruhan fasilitas, kecuali pengeluaran pribadi
  • Asia Aeronautical Training Academy menyediakan fasilitas peminjam uang melalui bank lokal yang telah bekerja sama dengan pihak akademi.
  • Asia Aeronautical Training Academy menyediakan fasilitas bagi siswanya yang tidak bisa menjalani program pendidikannya secara full-time dengan memberikan fasilitas part-time terhadap proses pelatihan yang tersedia.
  • Program diploma yang disediakan pihak akademi memberikan peluang yang besar dimana siswa tersebut dapat terdaftar secara langsung untuk Master in Aviation Management, UTHM tanpa melalui strata-1.
kekurangan sekolah pilot
  • Beberapa biaya yang dikeluarkan mengikuti kurs mata uang asing. Dengan demikian fluktuasi harga dalam bentuk rupiahnya tidak bisa ditentukan dengan jelas.
  • Lisensi yang diberikan berupa lisensi asing sehingga siswa yang memiliki lisensi ini harus mengkonversikannya jika ingin melakukan penerbangan di wilayah Indonesia.
  • Saat ini pihak akademi tidak memiliki beasiswa apapun di Asia Aeronautical Training Academy.

Our Recommendation

Asia Aeronautical Training Academy menjadi sekolah penerbangan yang direkomendasikan. Alasannya yaitu program pendidikan yang diberikan oleh pihak akademi telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan demikian para siswa tidak perlu mengkhawatirkan mengenai pemenuhan persyaratan yang ada. Tak hanya itu saja memberikan sederet fasilitas yang diberikan sangat menunjang para siswanya agar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan diri.

Akademi ini menyediakan program pendidikan yang sangat lengkap hingga level untuk strata-1 pun disediakan melalui kolaborasi dengan UTHM. Dengan demikian para siswa yang mengambil program tersebut memiliki sederet keuntungan selain menjadi seorang engineer juga memiliki lisensi untuk menajdi seorang pilot professional.

Pendaftaran Segera

Segera daftarkan diri anda ke sekolah Asia Aeronautical Training Academy. Hubungi kami untuk mendapat syarat pendaftaran / ujian.

 

Pendampingan

Yup, kami akan mendampingi – termasuk menjemput bandara dan mengantar jika Anda berasal dari luar Jakarta

Menghemat Biaya Anda

Biaya pendaftarannya sama dengan mendaftar langsung – sebaliknya kami akan menjemput Anda dsb. Kami menghemat biaya Anda.

Hubungi Kami

Pendaftaran Siswa baru untuk Bandung Pilot Academy sudah di buka.

Hubungi kami sekarang juga
FlightSchoolConnect.co.id
Jl. HM. Ashari 52 – Cibinong – Bogor.
Email: [email protected]

Telp./WA: 0812-6988-6575