Angkasa Aviation Academy – Tangerang

Angkasa Aviation Academy merupakan sekolah penerbangan yang dulunya dikenal sebagai Wings flying School. Sekolah penerbangan ini berada di bawah kepemilikan Lion Air Group. Sejarahnya akademi penerbangan ini didirikan untuk mencetak pilot-pilot yang sesuai dengan standar serta kebutuhan Lion Air Group. Namun, saat ini akademi ini telah berdiri sendiri sehingga para lulusannya dapat bekerja dengan maskapai lainnya. Angkasa Aviation Academy berkomitmen untuk menghasilkan pilot kelas dunia. Dalam pencapaian upayanya akademi ini memberikan sejumlah fasilitas yang akan menunjang kualitas para siswanya. Tak hanya itu saja tetapi pihak akademi juga membekali para siswanya character building terutama pada kedisiplinan. Hal ini menjadi fokus utama dari Angkasa Aviation Academy sebab ketika seorang pilot memiliki kedisiplinan yang tinggi maka ia akan menghargai segala sesuatunya termasuk waktu. Inilah dasar menjadi seorang pilot kelas dunia. Tak lupa sejumlah fasilitas pun disediakan oleh Angkasa Aviation Academy seperti lokasi latihan penerbangan, simulator hingga pesawat latih. Sederet fasilitas tersebut terdiri atas 22 unit single engine Cessna 172, FTD G58 Beech Baron, Pesawat G58 yang dilengkapi cockpit Garmin G1000 Glass, dan lain sebagainya. Sederet lokasi yang dijadikan sebagai tempat pelatihan para siswa berada di Balaraja Tangerang, Bandara Cakrabhuwana, Cirebon dan Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya. Setiap tempat pelatihan yang disediakan pihak akademi telah melalui pertimbangan yang panjang. Salah satunya Bandara Cakrabhuwana, Cirebon yang dinilai memiliki lokasi terdekat dengan beberapa bandara komersial besar Indonesia. Dengan demikian para siswa dapat belajar menerbangkan dan mendaratkan pesawat dengan kondisi bandara yang cenderung sibuk.
  • Lisensi: PPL,CPL, IR, MER dan lain sebagainya Note: Kejelasan lebih lanjut dapat dilihat melalui rincian program
  • Biaya: ± 750 Juta
  • Jam Terbang: 175 jam
  • Lokasi:

Program Sekolah Angkasa Aviation Academy

Angkasa Aviation Academy menyediakan 7 program pembelajaran dengan materi pembelajaran yang berbeda. Berikut program Angkasa Aviation Academy yang tersedia antara lain:

Private Pilot License

Sebuah lisensi paling dasar yang dimiliki pilot. Lisensi ini hanya bisa digunakan pada pesawat mesin tunggal dan keadaan non komersial. Dengan demikian pilot tidak diperkenankan untuk membawa penumpang ketika melakukan penerbangan. Peraturan yang wajib ditaati oleh para pilot yang memiliki PPL yaitu penerbangan hanya diizinkan sesuai aturan Visual Flight Rules (VFR)

Di Dalam program ini siswa akan melalui beberapa pembelajaran dasar teori yang wajib para siswa ketahui yang terdiri atas:

  •       Navigasi
  •       Meteorologi
  •       Peraturan dan regulasi
  •       Telepon radio
  •       Sistem dan instrument pesawat, dll

Commercial Pilot License

Commercial pilot license merupakan lisensi paling dasar yang dimiliki setiap pilot. Pilot yang memiliki lisensi tersebut diperbolehkan untuk melakukan penerbangan secara komersial dengan menggunakan pesawat mesin tunggal. Pada lisensi ini, pilot diizinkan untuk membawa penumpang namun tidak diperbolehkan membawa awak pesawat.

Di Dalam program ini siswa akan melalui beberapa pembelajaran dasar teori yang wajib para siswa ketahui yang terdiri atas:

  •       Peraturan penerbangan, peraturan dan regulasi
  •       Pengobatan saat diudara
  •       Aerodinamika
  •       Sistem pesawat terbang
  •       Instrument pesawat terbang
  •       Mesin
  •       Navigasi

Multi Engine

Multi Engine Rating merupakan lisensi yang menyatakan pemenuhan kualifikasi dari sang pilot. Dengan demikian pilot yang memiliki lisensi ini diizinkan untuk menerbangkan pesawat mesin ganda. Angkasa Aviation Academy merancang program ini dengan memberikan siswanya keterampilan serta pengalaman melalui pendekatan IMC (Instrument Meteorological Condition). Pada dasarnya program pembelajaran ini menjadi salah satu elemen terakhir dalam pelatihan penerbangan komersial.

Dalam proses pembelajarannya siswa akan mendapatkan sejumlah tahapan antara lain:

  •       FTD G58 Beech Baron level 6
  •       Pesawat G58 yang dilengkapi cockpit Garmin G1000 Glass, tujuannya untuk penerbangan rute IFR dan pendekatan instrument ke beberapa bandara regional maupun internasional terbesar di Indonesia.

Ground-ATPL

Lisensi ATPL merupakan lisensi tertinggi yang dimiliki oleh pilot pesawat sipil. Lisensi ini digunakan terhadap pilot yang akan bekerja di perusahaan penerbangan komersial seperti Lion Air, Citilink, Garuda Indonesia, dan lain sebagainya. Dengan demikian pilot yang memiliki lisensi ini diizinkan untuk mengendarai pesawat mesin ganda dan memiliki kru dengan jumlah minimal 2 orang.

Ketika seorang pilot telah mencapai jam terbang yang mumpuni maka ATPL dapat menjadi sesuatu ‘tidak dapat dibekukan’. Tak hanya itu saja, pilot tersebut yang memenuhi syarat dapat dipertimbangkan untuk dipromosikan menjadi seorang kapten. Dalam proses pembelajaran secara teori, para siswa akan melalui 23 mata pelajaran berdasarkan pelatihan berbasis CAE Oxford yang telah dimutakhirkan.

Instrument Rating

Lisensi yang digunakan pilot untuk memenuhi kualifikasi penerbangan jalur instrument flight rule (IFR). Maksud dari jalur instrument flight rule (IFR) yaitu kemampuan seseorang menerbangkan pesawat di dalam kondisi tertentu. Bagi pilot yang memiliki lisensi ini diberikan izin untuk menjadi pemegang kendali dari penerbangan tersebut ketika tidak adanya referensi visual saat pendaratan.

Flight Instructor Course

Tujuan dari program ini yaitu para siswa memperoleh pengetahuan penerbangan serta keterampilan penerbangan. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi persyaratan pertama dari sertifikat instruktur penerbangan.

Setelah menyelesaikan program ini siswa akan mendapatkan sertifikat kelayakan melalui penerbitan sertifikasi kualifikasi yang dilakukan oleh Angkasa Aviation Academy. Pemegang dari lisensi ini akan dapat menggunakan hak istimewanya sebagai instruktur penerbangan sesuai dengan regulasi dari Angkasa Aviation Academy.

Endorsement

Program ini mengenai pengesahan lisensi penerbangan lokal (Indonesia). Dengan demikian program ini ditujukan kepada pilot yang memiliki lisensi luar negeri untuk diubah dan disahkan ke dalam lisensi penerbangan lokal. Tujuan dari program pengesahan ini yaitu agar pilot tersebut dapat melakukan penerbangan di jalur domestik.

Berikut tahapan tes yang akan dilalui oleh para calon siswa Angkasa Aviation Academy adalah sebagai berikut:

  •       Tes Tertulis
  •       Tes Psikotes
  •       Tes Aptitude
  •       Wawancara
  •       Tes Kesehatan

Catatan:

Terdapat sesuatu yang unik dari akademi penerbangan ini dimana dalam mekanisme pembayaran biaya pendidikan berdasarkan penyelesaian kelas pendidikan (teori) dan pencapaian jam terbang.

Kelebihan dan Kekurangan Bandung Pilot Academy

kelebihan sekolah pilot
  • Biaya pendidikan yang akademi ini berikan telah mencakup keseluruhan dari fasilitas yang disediakan hingga penerbitan lisensi. Pengecualian terjadi bagi siswa yang mengulang ujian eksternal atau internal.
  • Memiliki kesempatan besar menjadi bagian Lion Air Group walaupun sudah tidak memiliki ikatan dinas.
  • Program pendidikan serta proses pembelajaran yang dilalui oleh siswa Angkasa Aviation Academy telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan penerbangan serta mengalami pembaruan secara berkelanjutan.
  • Keseluruhan proses rekrutmen tidak dipungut biaya oleh pihak akademi .
  • Para siswa disediakan sejumlah fasilitas seperti pesawat latih dan simulator yang canggih guna untuk meningkatkan kualitas siswanya, salah satunya yaitu Pesawat G58 yang dilengkapi cockpit Garmin G1000 Glass.
kekurangan sekolah pilot
  • Durasi pendidikan yang harus dilalui siswa terbilang lebih lama dibandingkan akademi lainnya sekitar kurang lebih 27 bulan.
  • Tidak disediakan informasi mengenai cicilan dari pembayaran biaya pendidikan Angkasa Aviation Academy.

Our Recommendation

Angkasa Aviation Academy menjadi sekolah terbaik dan rekomendasi bagi para calon siswa. Alasannya yaitu program serta proses pembelajarannya telah disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan penerbangan saat ini. Tak hanya itu hanya saja dalam proses pembelajaran secara teori pun selalu mengalami pembaruan yang berkelanjutan.

Sejak dibuka, alumni dari akademi telah tercatat bekerja di berbagai perusahaan penerbangan khususnya Lion Air Group. Dengan demikian peluang siswa yang ingin bekerja di perusahaan-perusahaan penerbangan ternama di Indonesia semakin besar pula berdasarkan track record alumni dari akademi ini.

Pendaftaran Segera

Segera daftarkan diri anda ke sekolah Angkasa Avation Academy. Hubungi kami untuk mendapat syarat pendaftaran / ujian.

 

Pendampingan

Yup, kami akan mendampingi – termasuk menjemput bandara dan mengantar jika Anda berasal dari luar Jakarta

Menghemat Biaya Anda

Biaya pendaftarannya sama dengan mendaftar langsung – sebaliknya kami akan menjemput Anda dsb. Kami menghemat biaya Anda.

Hubungi Kami

Pendaftaran Siswa baru untuk Bandung Pilot Academy sudah di buka.

Hubungi kami sekarang juga
FlightSchoolConnect.co.id
Jl. HM. Ashari 52 – Cibinong – Bogor.
Email: [email protected]

Telp./WA: 0812-6988-6575