14Nov

Menjadi seorang pilot adalah cita-cita yang bisa diwujudkan ketika kita masuk sekolah pilot. Tapi, apakah sesederhana itu? Tentu tidak. Coba lihat di sekeliling. Ada banyak lulusan dari berbagai jurusan yang masih menganggur, bukan? Atau, ada banyak pekerjaan yang dikerjakan oleh seseorang yang tidak memiliki latar pendidikan yang sejalan. Begitulah kira-kira gambaran kehidupan.

Bukan berarti ketika kita mengenyam pendidikan dan lulus akan langsung bekerja sebagai pilot. Ditambah dengan banyaknya sekolah pilot yang kian berkembang. Tentu hal ini sejalan dengan meluapnya lulusan akademi tersebut. Masalahnya? Tentu persaingan di dunia kerja akan semakin tinggi. Jadi, bagaimana sebenarnya kiat anti pengangguran bagi lulusan sekolah pilot? Jangan khawatir, kali ini kita akan membahas penyebab serta solusinya. 

Apa Penyebab Angka Pengangguran Alumni Sekolah Pilot Tinggi?

Mencari tahu penyebab dan menghindari pemicu serta mencari solusi adalah langkah terbaik. Kita tidak hanya terfokus akan kiat mengatasi atau anti pengangguran saja. Tapi, kita juga harus tahu, apa sih penyebabnya? Nah, dengan mengetahui penyebabnya ini, maka di kemudian hari kita bisa menjauhi atau menghindarinya. Ada beberapa faktor utama dan paling umum yang menyebabkan pengangguran, yakni ;

Tuntutan Maskapai

Seiring dengan maraknya persaingan antar maskapai. Tentu setiap maskapai akan memiliki patokan tersendiri bagi pilot-pilot mereka. Maskapai biasanya hanya membutuhkan pilot yang sudah bisa menggunakan pesawat airbus. Hanya saja para alumni, atau lulusan sekolah pilot tidak siap pakai. Kemampuan para pilot yang baru lulus ini masih butuh banyak latihan dan mengikuti pendidikan lanjutan. Hanya saja, pendidikan lanjutan ini bukan opsi yang menarik untuk diikuti. Butuh waktu yang lumayan lama jika anda mengikutinya. Setidaknya, program pelatihan ini membutuhkan waktu hingga 3 bulan lamanya. Nantinya, para calon pilot akan diajarkan pelatihan-pelatihan dan stimulator agar siap untuk menerbangkan pesawat.

Latihan 

Untuk diterima sebagai seorang pilot, lulus saja tidak cukup. Seperti yang kita ketahui di informasi sebelumnya, ada beberapa latihan tambahan yang diperlukan agar pihak maskapai menerima alumni sebagai pilot mereka. Bagaimanapun, pihak maskapai tentunya tidak ingin terbebani. Pasti hanya menginginkan pilot yang sudah cakap, terampil dan benar-benar siap pakai. Caranya? Tentu dibuktikan dengan sertifikat keikutsertaan dalam kelas tambahan dan nilai latihan yang mumpuni. Sayangnya, tidak semua alumni sekolah pilot ingin melakukannya. Menurunkan ego untuk berusaha belajar dan berlatih lagi mungkin bukan hal yang mudah. Sayangnya, hal inilah yang diperlukan oleh maskapai penerbangan.

Biaya

Masalah biaya juga menjadi momok tersendiri. Dimana biaya yang dihabiskan untuk masuk dan belajar sebagai pilot tergolong sangat banyak. Ditambah lagi dengan biaya sekolah atau kursus tambahan untuk pengalaman latihan. Siapa lagi yang membiayainya selain biaya mandiri? Tambahan jam terbang dan pengalaman mengemudikan pesawat secara langsung serta kelas tambahan bukanlah sesuatu yang murah. Meskipun waktu dan uangnya tidak sebanyak saat menempuh pendidikan di sekolah pilot. Tetap saja, bisa membuat kebanyakan alumni berpikir ulang dan mengurungkan niatnya. 

Rata-rata 3 masalah utama di atas yang membuat sebagian besar alumni sekolah pilot menganggur. Atau, mungkin memilih bekerja di bidang lain yang melenceng dari pendidikannya. Memang berat, namun jika ingin menggapai impian sebagai seorang pilot. Tentu, tetap harus pengorbanan, kan?

Tips Anti Pengangguran Bagi Alumni Lulusan Sekolah Pilot

Setelah kita mengetahui ragam penyebab tersering yang menyebabkan para alumni pilot menganggur, maka kali ini kita akan membahas cara mengatasinya. Sebab, jika nanti ada diantara anda yang membaca artikel ini hendak masuk atau bahkan sudah menyelesaikan sekolah pilot bisa langsung bekerja. Bagaimana caranya? Berikut tips anti pengangguran bagi para alumni pilot, yaitu;

1. Asah Kemampuan

Baik maskapai dalam dan luar negri sama-sama membutuhkan pilot yang handal dan memiliki kemampuan. Lulus sekolah pilot saja tentu belum bisa menjadi jaminan akan sukses dan diterima bekerja. Nah, untuk itu, perbanyaklah berlatih. Jangan ragu untuk menambah jam terbang dan mempergunakan pelatihan dengan baik. Sebab, skill atau kemampuan akan terus meningkat jika kita mengolahnya dengan baik. Percaya tidak percaya, seseorang yang memiliki nilai baik teori yang handal akan tertinggal jika tidak pernah melatihnya. Berlatih sama dengan mempraktekkan ilmu yang sudah didapat.

2. Lisensi

Kemampuan yang mumpuni, jam terbang lebih banyak ditambah dengan lisensi yang resmi? Wah, poin-poin ini akan menambah kemudahan untuk diterima bekerja sebagai pilot. Lisensi ini sendiri tersedia secara beragam. Anda bisa langsung mendapatkannya ketika menuntut ilmu di sekolah pilot. Di sekolah sendiri, ada berbagai lisensi berbeda. Perbedaannya mencangkup tingkat kesulitan, kebutuhan hingga durasi. Pastikan anda sudah memiliki lisensi yang cukup sebagai syarat melamar pekerjaan sebagai seorang pilot.

3. Update Informasi

Jangan ragu untuk selalu melakukan update informasi seputar dunia kerja di penerbangan. Cara update informasi ini bisa dengan bergabung di grup alumni, grup pencari kerja, mencari secara online atau memantau sosial media atau halaman website maskapai. Jika anda selalu update, anda akan mengetahui mana posisi terbaik yang bisa dilamar untuk menjadi pekerjaan impian nantinya. Apakah sulit? Tentu saja tidak. Sebab, sekarang teknologi berkembang dengan baik dan kita bisa mendapatkan segala jenis kemudahan informasi.

4. Berkas Lamaran

Jangan remehkan kumpulan dokumen yang menentukan kualitas dan setinggi apa pendidikan yang anda miliki ini. Sebagai salah satu pencari kerja, anda harus memperhatikan kelengkapan dokumen lamaran pekerjaan. Setidaknya usahakan anda sudah menyediakan beberapa kelengkapan lamaran yang siap pakai. Riset terlebih dahulu apa saja berkas-berkas yang umum diperlukan untuk melamar di maskapai-maskapai idaman. Sebab, ini akan memudahkan anda jika tiba-tiba ada lowongan yang buka. Jangan lupa juga untuk mengupdate dokumen-dokumen penting seperti daftar riwayat hidup. Hal ini berlaku jika anda baru saja menyelesaikan pelatihan penting. Semakin lengkap dan tersusun rapi maka pihak maskapai akan lebih tertarik memilih anda.

5. Riset dan Adaptasi

Menentukan setidaknya 3 maskapai idaman juga penting agar anda tidak menganggur setelah tamat. Tentukan people pilihan. Carilah dimana kira-kira anda akan melamar pekerjaan nantinya. Tujuannya? Agar anda bisa melakukan riset umum di maskapai tersebut. Ketahui kriterianya, seluk beluk dan pengetahuan umum. Hal ini diperlukan nantinya saat wawancara. Akan ada pertanyaan umum seputar maskapai. Lucu bukan? Jika anda melamar ke suatu tempat namun tidak tahu sama sekali tentang tempat tersebut. Nah, pihak maskapai akan mempertimbangkan anda jika sudah melengkapi semua berkas, memiliki keterampilan, jam terbang tinggi hingga memperlihatkan minat bekerja disana.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan? Menghindari menjadi pengangguran setelah mengemban status sebagai alumni sekolah pilot? Jika masih ada pertanyaan yang ingin ditanyakan, jangan ragu menghubungi kami. Flight School Connect menyediakan semua kebutuhan akan informasi dan konsultasi seputar sekolah pilot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *