14Nov

Bayangkan dimana anda sudah selangkah lagi untuk menggapai cita-cita, yakni menjadi seorang pilot. Namun, sudahkah anda mengenali dunia penerbangan dengan baik? Misalnya saja istilah penerbangan yang biasa digunakan untuk komunikasi selama didarat dan diudara? Seharusnya, jika pilot menjadi cita-cita dan pekerjaan impian, anda sudah mulai mencari tahu daftar istilah penerbangan yang nantinya bisa digunakan. Namun, jangan khawatir, kali ini kami akan membantu anda untuk lebih mengenal dunia penerbangan dan aktivitas sebagai seorang pilot. Sebab, di bawah ini akan kita bahas mengenai 8 istilah penerbangan yang sudah tidak asing lagi digunakan oleh awak pesawat.

Mengapa Pengetahuan Tentang Dunia Pilot Dibutuhkan?

Pertanyaan ini mungkin terdengar sepele namun memiliki jawaban yang penting. Bayangkan saja jika anda disuruh mengantar sesuatu ke alamat yang sama sekali tidak anda ketahui. Anda harus pergi sendirian, tanpa bantuan atau bahkan tanpa google map. Bagaimana rasanya? Pasti seperti berjalan di kegelapan, bukan? Nah, seperti itu juga gambaran jika kita memasuki sesuatu yang asing tanpa mempelajarinya. Pengetahuan tersebut sangat penting untuk menunjang karir dan kemampuan anda nantinya. Hal ini juga yang dituntut oleh setiap maskapai penerbagan bagi setiap pilot yang akan mereka rekrut.

Setidaknya, pelajari terlebih dahulu seluk beluk penerbangan hingga daftar istilah penerbangan. Agar nantinya anda mulai terbiasa dan tidak kaku lagi jika mendengar beberapa dari istilah umum tersebut. Namun, apakah mempelajari istilah penerbangan saja sudah cukup? Tentu saja tidak. Anda harus mencari referensi dimana sekolah pilot terbaik yang bisa membimbing anda. Pastikan sekolah tersebut sudah berlisensi. Pastikan juga sekolah tersebut tidak sekolah abal-abal yang hanya menghabiskan uang anda saja nantinya.

Masalah Akibat Tidak Mengetahui Istilah Penerbangan

Hal ini tidak hanya masalah sepele saja. Ada beragam masalah yang mungkin saja terjadi jika anda tidak mengetahui serta memahami istilah-istilah tersebut. Beberapa masalah yang mungkin saja terjadi adalah :

  1. Komunikasi Tidak Lancar

Para pilot akan bekerja sama dengan para pengatur jalur navigasi pesawat. Dan, coba tebak, bahasa apa yang mereka gunakan? Tentu saja mereka menggunakan bahasa yang umum bagi awak pesawat. Yakni istilah-istilah tersebut. Tidak lucu bukan jika pilot tidak bisa menjalin komunikasi yang baik hanya karena masalah ini. Misalnya saja lupa arti salah satu istilah atau bahkan tidak paham sama sekali. Bagaimana bisa? Tidak ada yang tidak mungkin terjadi. Untuk itulah jika ingin bekerja sebagai pilot, sangat direkomendasikan mengetahui istilah tersebut. Setidaknya jika anda sudah mencari tahu dan sudah terbiasa nantinya tidak akan terjadi masalah yang tidak diinginkan.

  1. Kecelakaan

Masalah paling parah yang bisa terjadi akibat ketidaktahuan dan kurangnya ilmu adalah kecelakaan pesawat. Mungkin banyak yang beranggapan bahwasanya kegiatan di udara lebih aman jika dibandingkan di daratan. Sebab, lalu lintasnya tidak padat. Padahal, ada banyak faktor yang memungkinkan kecelakaan di udara tersebut. Misalnya saja cuaca buruk, permasalahan di badan atau mesin pesawat hingga komunikasi yang tidak lancar sehingga terjadi tubrukan. Sampai di sini, pastinya anda sudah paham sebagaimana pentingnya istilah dan komunikasi saat di udara, bukan? Jadi jangan sampai mengabaikannya, ya!

Daftar Istilah Penerbangan Secara Umum

istilah penerbanganSetelah mengetahui seberapa penting hingga kesalahan yang mungkin terjadi, anda pasti ingin mempelajari istilah penerbangan ini, kan? Untuk itu, berikut istilah umum yang biasa digunakan, yaitu:

Take Off

Istilah ini sudah biasa kita dengar bahkan jika status masih sebagai penumpang pesawat. Take off sendiri merupakan bahasa asing yang berarti lepas landas. Ini menggambarkan posisi pesawat secara horizontal yang bergerak naik dari lapangan bandara menuju angkasa. Posisi ini adalah posisi awal sebelum pesawat berada di udara dan terbang secara stabil. Biasanya pramugari dan pramugara akan menyuruh penumpang menggunakan sabuk pengaman.

Delay 

Siapa yang sering kesal mendengar kata delay terlontar di mulut petugas bandara? Ya, istilah yang satu ini menandakan adanya penundaan keberangkatan dari jadwal keberangkatan sebelumnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan pesawat delay. Misalnya saja keterlambatan pesawat sebelumnya, kondisi cuaca yang buruk atau masalah pada pesawat tersebut. Namun, biasanya delay dilakukan demi kebaikan semua penumpang dan awak pesawat.

Turbulensi

Ini merupakan istilah yang menggambarkan kondisi pesawat yang tidak stabil dan terguncang. Biasanya karena faktor cuaca seperti adanya angin, badai hingga berada di daerah pegunungan yang dekat dengan jalur penerbangan tersebut. Secara umum, turbulensi tidak berbahaya dan bisa ditangani oleh pilot serta co-pilot. Namun, di beberapa kasus bisa menyebabkan luka-luka ringan akibat benturan tersebut. Tapi, tetap saja kru pesawat akan memberitahukan dan menginstruksikan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

JetLag

Pernah merasakan jet lag? Biasanya seseorang yang mengalami jet lag akan merasakan sensasi mual, kantuk saat siang hingga terlihat lemas. Apa sebenarnya jet lag ini? Istilah ini merupakan gambaran dimana tubuh kita mengalami gangguan jam internal. Biasanya akan melanda bagi orang-orang yang berpergian jauh menggunakan transportasi udara. Misalnya saja dari timur ke barat atau sebaliknya. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang berusaha beradaptasi dengan zona baru yang sedang ditempati.

Divert

Nah, istilah yang satu ini mungkin agak jarang didengar. Sebab, istilah ini hanya digunakan jika arah tujuan pesawat tersebut mengalami pengalihan. Sehingga penumpang akan dialihkan ke arah tujuan baru. Walaupun biasanya ini hanya bersifat sementara. Ada berbagai masalah yang menyebabkan pengalihan rute tersebut. Misalnya saja pesawat mengalami masalah mekanik, cuaca buruk, bencana alam hingga serangan bersenjata.

Dangerous Goods

Jangan tertipu dengan istilah penerbangan berbahasa asing tersebut. Makna dari istilah ini menyatakan berbagai bahan berbahaya. Dimana efeknya bisa merusak atau menimbulkan gejala aneh dan tidak masuk akal bagi tubuh nantinya. Biasanya pihak bandara akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Siapa saja yang akan ikut dalam penerbangan harus bebas dari hal-hal yang bersifat beresiko serta berbahaya tersebut. Jika terdapat salah satu indikasinya maka akan segera ditindak lanjuti.

Counter Check In

Nah, ini merupakan tempat dimana setiap penumpang pesawat akan diperiksa. Semua barang bawaan atau bagasi dan pakaian akan diperiksa oleh alat petugas. Di sini kita juga akan mendapatkan bantuan untuk melakukan check in agar bisa ikut terbang nantinya.

Aviation Security

Istilah penerbangan ini menuju pada sistem keamanan bagi setiap penerbangan. Setiap bandara dan counter check in membutuhkan sistem ini agar penerbangan bisa berjalan dengan lancar. Tentu saja sistem keamanan yang digunakan sudah canggih dan benar-benar ketat.

Demikianlah beberapa istilah penerbangan yang umum bagi para awak pesawat. Sudah familiar dan memahaminya? Nah, tunggu apa lagi. Ayo mulai menimba ilmu di sekolah pilot terbaik. Butuh saran? Jangan ragu untuk menghubungi kami di Flight School Connect. Kami akan membantu dan memberikan solusi seputar sekolah penerbangan yang baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *